Moving On Is Inevitable

What is ‘move on’ actually?

It’s either to leave the place where you are staying and go somewhere else or to stop something and start a new activity instead. It is also means to accept that a situation has changed that you should get ready to deal with new experiences.

Akhir-akhir ini aku sering berkontemplasi tentang kehidupan yang kujalani, betapa ternyata move on (sampai saat ini belum ada padanan kata move on yang cocok dalam bahasa Indonesia) adalah proses yang selalu terjadi dan tidak dapat dihindari. Tidak selalu berarti melupakan, tetapi selalu berkaitan dengan perubahan.

Di titik ini, titik ketika aku seakan berada di dalam sebuah film dengan sudut pandang orang ketiga yang dapat melihat semua perubahan yang perlahan terjadi padaku dan orang-orang di sekitarku, aku jadi sedikit menengok ke belakang. Aku mengerti aku telah melewati puluhan bahkan ratusan kali proses move on, baik yang kusadari maupun yang nggak kusadari.

Namun, meski telah berulang kali jatuh bangun dalam kewajaran tersebut, aku tetap enggak terlatih menerima perubahan sepenuhnya. Aku bukan orang yang konservatif, tenang saja, aku hanya senang mengenang sesuatu yang.. mungkin telah hilang. Di usiaku sekarang, aku senang membuat diriku merasa tertantang untuk bisa survive di situasi yang baru, tetapi nggak jarang aku termenung dan menangis karena shock dengan keadaan yang perlahan enggak lagi sama. I wonder if this is normal, does everyone feels the same when they are in my age?

Mungkin karena ketika aku sedang berada di fase perpindahan (dan pengangguran) dari anak sekolahan ke dunia baru yang nggak bisa ditanggapi main-main ini situasinya sedang terjadi pandemi. Mungkin jika tatanan kehidupan berjalan seperti sebelumnya, aku nggak punya banyak waktu untuk merenung dan melihat berbagai perubahan yang biasanya terjadi tanpa disadari. Mungkin jika aku mengalami fase ini di tahun lalu atau tahun depan, aku sekarang sudah ada di Jogja, teman-temanku sudah di sudut lain di dunia, dan kami sudah nggak punya kesempatan untuk menangisi perpisahan.

Saat ini aku sedang menunggu pengumuman yang akan membawaku entah ke mana. Salah satu sahabatku, Ina, sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan dirinya yang akan berangkat menuntut ilmu di Negeri Jiran akhir bulan nanti. Itu artinya sebentar lagi aku akan dihadapkan dengan perpisahan. Sahabatku yang lain, Cang Nai, juga sudah memasuki masa orientasi. Membayangkan aku dan dia tidak lagi satu sekolah dan tidak akan berada di bawah institusi yang sama membuatku sedikit tidak percaya. Pelan-pelan, aku akan kehilangan teman-teman, kebersamaan, dan rutinitasku selama ini. Meski semuanya akan terganti dengan yang baru nanti, rasa-rasanya aku terlalu.. ah aku nggak tahu mendeskripsikannya bagaimana. Rasa takut, nggak siap, penasaran, dan excited bercampur jadi satu menemani hari-hariku menunggu kepastian perkuliahan.

(Oh, astaga, sebenarnya hati kecilku juga merasa sedih tentang kehidupan yang terus berjalan. Meninggalkan Banjarmasin dan orang-orang di dalamnya, cinta pertama dan mantan-mantanku yang aku nggak tahu apakah garis takdir kami akan berpapasan kembali di masa depan nanti, kehidupan Salsa sebagai anak sekolahan dan semua kenangannya, sahabat-sahabat yang mungkin akan semakin tak terjangkau, jalanan yang biasa kususuri dengan berbagai perasaan, tempat-tempat yang kuhapal suasananya, keluarga, dan memori-memori di kehidupanku yang nggak sempat kutuliskan.)

I should move on cause life gotta go on, right?

I should accept that my life will change–the situation has slowly changed—and i should prepare myself to deal with.. something more serious, some new experiences a.k.a new life. It’s scary, honestly. But that’s life, we have no choice than to survive.

Banjarmasin, 30 Juli 2020.

hasil karya aku yang senang melebay-lebaykan sesuatu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s